Abstract :
Siswa sekolah dasar cenderung menyukai permainan. Pembelajaran yang
digabungkan dengan permainan dapat memberikan dampak yang menyenangkan
terhadap siswa dan mengurangi kejenuhan dalam belajar. Minimnya penggunaan
media pembelajaran yang berakibat pada kurangnya pemahaman siswa terhadap
materi yang diajarkan guru. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menghasilkan
produk media Mobar dengan pengembangannya dan untuk mengkaji respon siswa
dan guru terhadap produk media Mobar di kelas IV sekolah dasar. Pada penelitian
ini menggunakan pengembangan 4D yang diadaptasi menjadi 3D yang terdiri dari
Define, Design, dan Development sesuai kebutuhan penelitian. Instrumen
pengambilan data menggunakan lembar validasi media, soal dan angket respon
siswa dan guru kelas. Pada tahap validasi media mendapatkan persentase 91%,
soal 94% dan angket 100%. Tahap uji coba awal (Initial Testing) dilakukan pada
siswa kelas IV sebanyak 5 orang dan guru kelas IV. Sedangkan tahap uji coba
kuantitatif (Kuantitatif Testing) tidak dapat dilaksanakan karena adanya
penyebaran Covid-19. Hasil pengisian angket respon siswa mendapat persentase
97% dengan kategori baik sekali, dan hasil pengisian angket respon guru
memperoleh persentase 100%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media
Mobar layak untuk digunakan siswa dan guru sebagai media belajar.
Kata kunci : Pengembangan, Mobar, 4D