Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dukungan orang tua terhadap
siswa dalam belajar IPA secara daring selama pandemi Covid-19 di Desa
Marengan Laok. Penelitian ini menggunakan instrumen observasi partisipasi
pasif, wawancara tak terstruktur, angket, dan dokumentasi. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan metode
studi kasus. Teknis analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang
terdiri atas beberapa langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan
verifikasi. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui observasi,
wawancara, angket, dan dokumentasi menunjukkan bahwa dukungan orang tua
terhadap siswa dalam belajar IPA secara daring selama pandemi Covid-19 di desa
Marengan Laok terdapat dukungan yang baik dari orang tua hal ini dapat dilihat
dari hasil wawancara yang didukung oleh hasil angket orang tua dan siswa dari
aspek dukungan emosional, aspek dukungan penghargaan, aspek dukungan
instrumental, dan aspek dukungan informatif. Dukungan emosional melibatkan
ekspresi empati, kepedulian dan perhatian terhadap individu, sehingga individu
tersebut merasa nyaman, dicintai dan diperhatikan, Dukungan penghargaan dapat
diberikan melalui penghargaan atau penilaian yang positif, dorongan maju dan
semangat, Dukungan instrumental menyediakaan sarana yang diharapkan dapat
mempermudah
membantu
pekerjaannya
dan
memberikan
waktu
untuk
menyelesaikan tugasnya, dan dukungan infomatif ini mencakup pemberian
nasehat, arahan, saran. Sehingga dukungan orang tua sangat penting dalam
kehidupan siswa, karena dukungan dari orang tua akan menjadikan siswa lebih
baik, lebih giat, optimis, semangat, dan senang dalam belajar.
Kata kunci: Dukungan orang tua, Daring, Covid-19