Abstract :
Pada saat ini di jaman modern HP Android sedang di gandrungi oleh hampir
semua orang termasuk anak-anak walaupun di gunakan untuk nonton youtbe atau
bermain game. Dengan adanya kesukaan anak-anak menggunakan HP maka
peniliti membuat sebuah aplikasi belajar membaca yang di beri nama pimca
(Pintar Membaca) yang dapat di instal pada HP Andorid yang mana bertujuan
agar anak-anak bisa belajar membaca menggunakan HP supaya dapat digunakan
sebagai media bermain sambil belajar. Pengembangan media Pimca (Pintar
Membaca) melewati tahap validasi untuk mengetahui kelayakan produk yang
dikembangkan, kelayakan materi dan mengkaji respon siswa terhadap produk
yang dikembangkan. Penelitian ini merujuk model pengembangan 4D yang
meliputi tahap define(pendefinisian), design (perancangan), development
(pengembangan),
disseminate
(penyebaran).
Pada
pengembangan
ini
hanyadilakukan dari tahap define(pendefinisian), design (perancangan), sampai
tahapdevelopment (pengembangan). Instrumen yang digunakan dalam penelitian
ini adalah lembar validasi desain media, kelayakan materi. Hasil validasi desain
media mendapatkan persentase sebesar 80% dari ahli desain media, validasi
kelayakan materi mendapatkan hasil persentase 77% dari ahli kelayakan
materiyang termasuk kategori sangat sesuai dan tidak revisi, Tahap ujicoba
produk menghasilkan respon siswa dari 5 siswa kelas II sekolah dasar sebagai
subjek uji coba penelitian. Hasil respon siswa menunjukkan kriteria sangat baik
yaitu 94%. Sedangkan hasil respon guru menunjukkan kriteria sangat baik yaitu
100%. Berdasarkan hasil penelitian, maka disimpulkan bahwa Pengembangan
media pimca (pintar membaca) layak digunakan sebagai media bermain sambil
belajar karena telah lulus validasi dan mendapatkan respon baik dari siswa dan
guru.
Kata kunci: Pengembangan, Media,Pimca