DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL CEMPLÄ’NG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN KELAS III SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Wiraraja
Author
Ardiana, Yuli
Subject
370 Education 
Datestamp
2021-11-23 08:39:11 
Abstract :
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sering dianggap sulit oleh siswa, salah satu faktornya disebabkan kurangnya metode atau media yang menarik saat pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan permainan tradisional cempl?ng dalam pembelajaran matematika materi operasi hitung campuran kelas III sekolah dasar, untuk mengkaji respon siswa terhadap pengembangan permainan tradisional cempl?ng dalam pembelajaran matematika materi operasi hitung campuran kelas III sekolah dasar. Pada penelitian ini menggunakan model penelitian yang diadaptasi dari Sugiyono (2017), yang terdiri dari 10 langkah, akan tetapi karena adanya beberapa keterbatasan dan kendala, maka penelitian ini hanya terdiri dari 7 langkah. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah buku petunjuk permainan tradisional cempl?ng, lembar wawancara, lembar observasi keterlaksanaan, lembar instrument kuesioner respon siswa, dan lembar validasi produk yang terdiri dari validasi materi, validasi permainan tradisional cempl?ng, validasi buku petunjuk. pada tahap validasi diperoleh hasil validasi materi 100%, validasi permainan tradisional cempl?ng 97%, dan validasi buku petunjuk 100%, dengan kategori semua validasi yaitu Sangat Layak. Adapun tahap uji coba dilakukan secara terbatas karena adanya pandemi covid-19 yaitu 4 siswa kelas III di desa Patean. Hasil respon menunjukkan kriteria sangat baik yaitu 97%, sehingga hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan permainan cempl?ng layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci : Pengembangan, Permainan Tradisional Cempl?ng 
Institution Info

Universitas Wiraraja