Abstract :
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sering dianggap sulit
oleh siswa, salah satu faktornya disebabkan kurangnya metode atau media yang
menarik saat pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
pengembangan permainan tradisional cempl?ng dalam pembelajaran matematika
materi operasi hitung campuran kelas III sekolah dasar, untuk mengkaji respon
siswa
terhadap
pengembangan
permainan
tradisional
cempl?ng
dalam
pembelajaran matematika materi operasi hitung campuran kelas III sekolah dasar.
Pada penelitian ini menggunakan model penelitian yang diadaptasi dari Sugiyono
(2017), yang terdiri dari 10 langkah, akan tetapi karena adanya beberapa
keterbatasan dan kendala, maka penelitian ini hanya terdiri dari 7 langkah.
Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah buku petunjuk permainan
tradisional cempl?ng, lembar wawancara, lembar observasi keterlaksanaan,
lembar instrument kuesioner respon siswa, dan lembar validasi produk yang
terdiri dari validasi materi, validasi permainan tradisional cempl?ng, validasi buku
petunjuk. pada tahap validasi diperoleh hasil validasi materi 100%, validasi
permainan tradisional cempl?ng 97%, dan validasi buku petunjuk 100%, dengan
kategori semua validasi yaitu Sangat Layak. Adapun tahap uji coba dilakukan
secara terbatas karena adanya pandemi covid-19 yaitu 4 siswa kelas III di desa
Patean. Hasil respon menunjukkan kriteria sangat baik yaitu 97%, sehingga hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan permainan cempl?ng layak
untuk digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci : Pengembangan, Permainan Tradisional Cempl?ng