Abstract :
Upaya Guru dalam memberikan motivasi kepada siswa memiliki peran yang
sangat berpengaruh dalam proses belajar mengajar. Maka dari itu guru hendaknya
memiliki dedikasi tanggung jawab, loyalitas, serta motivasi yang tinggi dalam
mengajar. Apabila kinerja guru dalam memberikan motivasi menurun saat
mengajar dan tidak akan terlaksana dengan baik, hal itu akan berimbas pada
keefektifan proses pembelajaran. Maka dari itu motivasi berperan penting dalam
mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Motivasi sendiri terdapat 2 jenis
yaitu: Motivasi intrinsik, yang timbul dari dalam diri individu, misalnya keinginan
untuk mendapat keterampilan tertentu, memperolah informasi dan pengertian,
mengembangkan sikap untuk berhasil, menyenangi kehidupan, keinginan diterima
oleh orang lain dan Motivasi ekstrinsik, yang timbul akibat adanya pengaruh dari
luar individu. Instrumen yang dilakukan dalam penelitian ini adalah instrumen
wawancara kepala sekolah, instrumen wawancara guru, instrumen wawancara
siswa. Dengan kategori semua Instrumen wawacara yang telah dilakukannya
kepada kepala sekolah, guru dan siswa kelas I di SDN Pandian 1 Sumenep. Hasil
wawancara menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas satu a dan b meningkat,
sehingga hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru dalam memberikan
motivasi untuk meningkatkan motivasi dalam belajar siswa kelas I meningkat.
Kata Kunci : Upaya Guru kelas, Motivasi intrinsik dan ekstrinsik.