Abstract :
Sarana dan prasarana sangat penting dalam dunia pendidikan. Dengan sarana dan
prasarana yang lengkap, maka dapat menunjang pendidikan dan pembelajaran di
sekolah dasar. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran di
sekolah dasar perlu adanya inovasi sarana dan prasarana pendidikan seperti yang
telah dilakukan oleh Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Wathoniyah Kabupaten
Sumenep yaitu ruang SAC (Self Access Center). Dimana ruang SAC (Self Access
Center) disebut sebagai ruang multifungsi atau serbaguna. Ruang SAC (Self
Access Center) dibangun pada tahun 2016 dan dibangun di bagian atas lantai dua
depannya kelas IV-B. Ruang SAC (Self Access Center) digunakan semua warga
sekolah baik digunakan saat rapat dan proses pembelajaran. Ruang SAC (Self
Access Center) digunakan setiap hari yaitu giliran antara dari kelas I-VI. Tidak
ada jadwal untuk menggunakan ruang SAC (Self Access Center). Kebanyakan
guru mengajak siswa ke ruang SAC (Self Access Center) untuk memperlihatkan
video tentang materi pembelajaran (menggunakan proyektor dan layar proyektor).
Selain digunakan untuk KBM, ruang SAC (Self Access Center) juga mengajarkan
tentang pendidikan karakter yaitu di ruang SAC (Self Access Center)
menggunakan karpet, dimana siswa dapat menjaga kebersihan dan disiplin seperti
siswa dapat mengelola ruang SAC (Self Access Center) dengan baik.
Kata kunci: Kualitatif, Ruang SAC di SDITA