DETAIL DOCUMENT
PERAN RUANG SAC (SELF ACCESS CENTER) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-WATHONIYAH KABUPATEN SUMENEP
Total View This Week0
Institusion
Universitas Wiraraja
Author
Astutik, Sri Fifi
Subject
370 Education 
Datestamp
2021-11-23 09:06:28 
Abstract :
Sarana dan prasarana sangat penting dalam dunia pendidikan. Dengan sarana dan prasarana yang lengkap, maka dapat menunjang pendidikan dan pembelajaran di sekolah dasar. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran di sekolah dasar perlu adanya inovasi sarana dan prasarana pendidikan seperti yang telah dilakukan oleh Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Wathoniyah Kabupaten Sumenep yaitu ruang SAC (Self Access Center). Dimana ruang SAC (Self Access Center) disebut sebagai ruang multifungsi atau serbaguna. Ruang SAC (Self Access Center) dibangun pada tahun 2016 dan dibangun di bagian atas lantai dua depannya kelas IV-B. Ruang SAC (Self Access Center) digunakan semua warga sekolah baik digunakan saat rapat dan proses pembelajaran. Ruang SAC (Self Access Center) digunakan setiap hari yaitu giliran antara dari kelas I-VI. Tidak ada jadwal untuk menggunakan ruang SAC (Self Access Center). Kebanyakan guru mengajak siswa ke ruang SAC (Self Access Center) untuk memperlihatkan video tentang materi pembelajaran (menggunakan proyektor dan layar proyektor). Selain digunakan untuk KBM, ruang SAC (Self Access Center) juga mengajarkan tentang pendidikan karakter yaitu di ruang SAC (Self Access Center) menggunakan karpet, dimana siswa dapat menjaga kebersihan dan disiplin seperti siswa dapat mengelola ruang SAC (Self Access Center) dengan baik. Kata kunci: Kualitatif, Ruang SAC di SDITA 
Institution Info

Universitas Wiraraja