Abstract :
Dalam proses pembelajaran hanya menggunakan buku paket yang telah
disediakan pemerintah, namun kurangnya kreatifitas dalam pengembangan bahan
ajar. Penelitian pengembangan ini betujuan untuk menghasilkan produk modul
matematika, mengetahui kelayakan serta mengkaji respon siswa kelas V terhadap
produk modul matematika. Penelitian pengembangan ini menggunakan
pengembangan 4D dari Thiagarajan namun peneliti hanya menggunakan 3
tahapan dikarenakan keterbatasan waktu, dan serta adanya pandemi covid-19,
yang dimana meliputi tahap define, design dan development.Pada instrumen
pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi
materi, desain, format serta angket respon siswa terhadap pengembangan produk
modul matematika. Pada tahap uji kelayakan materi, desain dan format masing-
masing mendapatkan persentase 100% yang termasuk dalam kategori sesuai dan
tidak revisi. Tahap uji coba dilakukan sangat terbatas dikarenakan adanya
pandemi covid-19 sehingga uji coba penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V
sebanyak 4 siswa. Hasil angket respon siswa memperoleh persentase 95,5% yang
mendapatkan kriteria sangat baik. Jadi, hasil penelitian menunjukkan bahwa
modul matematika layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran khususnya
mata pelajaran matematika.
Kata kunci: Modul matematika, Pengembangan, 4D.