Abstract :
Latar belakang penelitian pengembangan ini karena kurangnya
kreativitas dalam pengembangan media pembelajaran sesuai karakeristik anak
yaitu kartun dan permainan. Penelitian pengembangan ini betujuan untuk
menghasilkan media pop up book, mengetahui kevalid serta mengkaji respon
siswa kelas IV terhadap media pop up book pakaian adat . Penelitian
pengembangan ini menggunakan pengembangan Brog and Gall dari Sugiyono
degan 10 tahapan namun peneliti hanya menggunakan 7 tahapan dikarenakan
keterbatasan waktu, dan serta adanya pandemi covid-19, yang dimana meliputi
tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain,
revisi desain dan uji coba produk. Pada instrumen pengambilan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi materi, media
pembelajaran, desain pembelajaran serta angket respon siswa terhadap
pengembangan media pop up book pakaian adat. Pada tahap uji kelayakan materi,
media pembelajaran dan desain pembelajaran masing-masing mendapatkan
persentase 100% yang termasuk dalam kategori sangat valid . Tahap uji coba
dilakukan sangat terbatas dikarenakan adanya pandemi covid-19 sehingga uji coba
penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV sebanyak 4 siswa. Hasil angket
respon siswa memperoleh persentase 98% yang mendapatkan kriteria sangat baik.
Jadi, hasil penelitian menunjukkan bahwa media pop up book pakaian adat
sangat valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran khususnya mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
Kata kunci: Media Pop Up Book Pakaian Adat, Pengembangan, Brog and Gall