Abstract :
Rendahnya kemampuan motorik siswa dan kurangnya media pembelajaran di
sekolah sehingga dilakukan penelitian ini.penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan
produk permainan menembak yang didesain menjadi produk dengan memasukkan 3
aspek koknitif, afektif, dan psikomotor dengan konsep tematik tipe shared materi
pokok gaya dan seni tiga dimensi dari alam. Jenis penelitian yang di gunakan yaitu
pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model penelitian
menurut Thiagarajan (dalam Sugiono, 2014) yang meliputu Define, Design,
Development, dan Dissemination namun karena keterbatasan waktu, biaya serta
adanya pandemi covid-19 sehingga hanya di lakukan 3 tahapan saja yang meliputi
Define, Design, dan Development. Instrument pengumpulan data yang digunakan
lembar wawancara siswa, lembar validasi produk, lembar observasi uji coba, lembar
keterlaksanaan permainan , lembar keterlaksanaan cara membuat, petunjuk
permainan, lembar angket respon siswa. Pada validasi produk terdiri dari validasi
desain,isi, dan penggunaan, ketiganya memperoleh persentase 100%. Tahap uji coba
produk dilakukan hanya 4 siswa saja yaitu kelas 4 di desa patean kecamatan batuan
kabupaten sumenep hal ini di karenakan adanya pandemi covid-19. Hasil dari
kuesioner repon siswa mendapatkan persentase 95% dengan kriteria sangat baik. Jadi
pengembangan permainan menembak untuk melatih kemampuan motorik siswa
layak di gunakan sebagai media dalam pembelajaran.
Kata kunci permainan menembak, pengembangan. (Research and Development)