Abstract :
Minat belajar siswa menjadi menurun dikarenakan pembelajaran yang kurang kreatif
dan inovatif. Guru yang cerdas adalah guru yang mampu membawa perubahan pada
keaktifan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan
produk media pembelajaran flipiple (flip picture puzzle) yang merupakan inovasi dari
permainan puzzle yang di kembangkan oleh peneliti. Pengembangan media
pembelajaran ini melewati tahap validasi untuk mengetahui kelayakan produk dan
mengkaji respon siswa terhadap produk yang dikembangkan. Penelitian ini
menggunakan model pengembangan Sugiyono yang diadaptasi oleh peneliti menjadi
7 langkah pengembangan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
lembar validasi desain media,materi/isi, soal tematik, dan angket respon siswa. Hasil
validasi desain media mendapatkan persentase sebesar 95% , validasi materi/isi
mendapatkan persentase sebesar 90%, validasi soal tematik mendapatkan persentase
91%, dan validasi angket respon siswa mendapatkan persentase 100%.Tahap uji
coba produk secara terbatas dilakukan pada kelas IV dengan 5 orang dan tahap uji
coba pemakaian dilakukan pada semua siswa kelas III di SDN Daramista 1 yang
berjumlah 15 siswa, namun uji coba pemakaian tidak terlaksana dikarenakan pandemi
Covid-19.Hasil respon siswa menunjukkan kriteria sangat baik yaitu 98%.
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran
flipiple (flip picture puzzle) layak digunakan sebagai media pembelajaran yang
memberikan pengalaman belajar sambil bermain karena telah lulus validasi dan
mendapatkan respon baik dari siswa.
Kata kunci : Media Pembelajaran Flipiple, Pengembangan, Puzzle