Abstract :
Penelitian ini bertujuan (1) untuk meningkatkan keaktifan siswa selama
kegiatan belajar dengan menggunakan media roda putar (2) menghasilkan media
belajar yang inovatif dan dapat meningkatkan motivasi siswa. Media roda putareja ini
dilatar belakangi penguasaan siswa terhadap media. Adapun hasil yang diperoleh
siswa untuk memahami dan mengetahui terhadap media Dapur (Roda Putar) Eja.
Jenis pendekatan dalam penelitian adalah pendekatan prosedural, yang mana
pengkajian selanjutnya dalam penelitian ini adalah merupakan prosedur penelitian
yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan. Penelitian ini
dilaksanakan di sekolah dasar SDN Kalianget Timur IV Kecamatan Kalianget
Kabupaten Sumenep. Analisis data yang digunakan adalah analisis pengembangan
dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penelitian pengembangan di SDN
Kalianget Timur IV dengan menggunakan media Dapur (Roda Putar) Eja.
Pengembangan media permainan Dapur (Roda Putar) Eja kelas I melewati tahap
validasi untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan. Penelitian ini
merujuk model pengembangan Sugiyono yang terdiri dari 10 langkah pengembangan
yang kemudian diadaptasi oleh peneliti menjadi 7 langkah pengembangan, yang
dimulai dari pencarian potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk,
validasi produk, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi desain media. Hasil validasi
desain media mendapatkan persentase sebesar 78% dari ahli desain media. Tahap
ujicoba produk diujicobakan kepada 5 siswa kelas I sekolah dasar sebagai subjek uji
coba penelitian. Kesimpulannya Media Dapur (Roda Putar) Eja dari hasil validasi
desaian produk memiliki kategori sangat sesuai dan tidak revisi sehingga layak
digunakan sebagai media bermain sambil belajar.
Kata kunci: media, membaca permulaan, Roda Putar+Eja