Abstract :
Berdasarkan permasalahan pada sekolah MIN 1 Sumenep masih kurang terdapat
parenting education atau pendidikan orang tua kurang terlihat, tujuan penelitian ini untuk
mendiskripsikan dampak parenting educatin terhadap prestasi belajar siswa kelas III MIN 1
Sumenep, jenis Penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan metode Penelitian
observasi, wawancara dan sdokumentasi. Subjek Penelitian adalah 18 siswa kelas 3 di MIN 1
Sumenep, 18 orang tua siswa, wali kelas 3, kepala sekolah. Parenting education merupakan
bentuk pengasuhan orang tua terhadap anak dalam hal pendidikan atau di sebut juga dengan
pengetahuan. Prestasi belajar adalah hasil proses pembelajaran yang dibukukan dalam bentuk
rapot yang merupakan laporan hasil belajar siswa untuk semua mata pelajaran yang diikuti, baik
yang mencakup aspek kognitif,afektif maupun psikomotor oleh siswa setelah melakukan
kegiatan pembelajaran. Hasil Penelitian memperoleh ditemukan suatu kesimpulan dari dampak
parenting education terhadap prestasi belajar yaitu dimana kegiatan parenting education
dilakukan di sekolah selama 3 bulan sekali pada tanggal 28 dengan mengadakan pertemuan
bersama wali murid, kegiatan parenting education di sekolah menjadi pedoman bagi orang tua
siswa untuk mendidik anaknya menjadi pribadi yang lebih baik. sehingga kegiatan parenting
education berdampak positif, karena setelah adanya parenting education dapat meningkatkan
prestasi belajar siswa yang dilihat dari hasil nilai rapot yang cukup baik. dari 18 siswa hanya satu
siswa yang tidak mengalami peningkatan hasil nilai rapot
Kata Kunci: parenting education, prestasi belajar