DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL LIR-SA’ALIRKONG UNTUK MELATIH DAYA INGAT SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Wiraraja
Author
Maghfirah, Lailatul
Subject
370 Education 
Datestamp
2021-11-24 05:25:54 
Abstract :
Banyaknya siswa yang memiliki daya ingat rendah, sehingga permasalahan tersebut dapat terlihat saat siswa mengalami kebingungan dalam menjawab soal dari guru, sedangkan guru telah menjelaskan sebelumnya. Sesekali peserta didik terlihat tidak memperhatikan penjelasan guru di depan, dikarenakan pembelajaran yang kurang menarik minat belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui penerapan pengembangan permainan tradisional lir-sa?alirkong dan respon siswa kelas III terhadap permainan tradisional lir-sa?alirkong untuk melatih daya ingat. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development (R&D) 4D dari Thiagarajan yang telah diadaptasi menjadi model 3D yaitu tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), dan tahap development ( pengembangan). Pengembangan ini menggunakan uji coba kelayakan produk (validasi materi, soal, bahasa, dan konsep permainan) dan keterlaksanaan dengan memperoleh hasil persentase sebesar 100% dengan kategori sangat layak. Uji coba produk dilaksanakan di Desa Kalisangka Kec. Arjasa dengan 5 orang siswa kelas III. Adapun hasil angket respon siswa memperoleh nilai persentase sebesar 97%, sehingga dapat dinyatakan bahwa siswa memberikan respon permainan tradisional lir-sa?alirkong dengan kategori sangat baik. Jadi, hasil penelitian pengembangan permainan tradisional lir-sa?alirkong dapat dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam meningkatkan daya ingat siswa kelas III. Kata Kunci : Pengembangan, Permainan Tradisional lir-sa?alirkong, Daya Ingat. 
Institution Info

Universitas Wiraraja