Abstract :
Petunjuk praktikum merupakan bahan ajar yang dapat menunjang
keberhasilan kegiatan praktikum. Petunjuk praktikum memfasilitasi siswa untuk
meningkatkan keterampilan berfikir kreatif dalam menemukan konsep materi dan
menambah pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Penelitian dilaksanakan
di SMP Negeri 1 Saronggi dan objek penelitian seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri
1 Saronggi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengembangkan petunjuk
praktikum pendamping buku IPA kelas VII semester II; dan (2) mengetahui kelayakan
dan respon siswa terhadap petunjuk praktikum pendamping buku IPA kelas VII
semester II di SMP Negeri 1 Saronggi. Metode penelitian yang digunakan merupakan
model 4D yang terdiri dari define, design, development, disseminate. Instrumen
pengambilan data dalam penelitian ini yaitu; instrumen kelayakan meliputi kelayakan
dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) kelayakan petunjuk
praktikum IPA berbasis discovery learning yaitu sebesar 95,33% dengan kriteria sangat
layak digunakan; dan (2) respon siswa terhadap petunjuk praktikum sebesar 88,26%
dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa petunjuk
praktikum IPA berbasis discovery learning layak digunakan sebagai bahan ajar dalam
kegiatan praktikum.
Kata kunci: Petunjuk Praktikum, Ilmu Pengetahuan Alam, dan 4D