Abstract :
Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kesesuaian
kualitas BSE dan non BSE IPA berdasarka kriteria-kriteria yang diambil dari
STRS khususnya pada kriteria isi; (2) mendeskripsikan perbedaan antara kualitas
BSE dan non BSE IPA berdasarka kriteria-kriteria yang diambil dari STRS
khususnya pada kriteria isi; (3) mendeskripsikan komponen unsur-unsur yang
memberikan indikator perbedaan antara BSE dan non BSE berdasarka kriteria-
kriteria yang diambil dari STRS khususnya pada kriteria isi. Penelitian ini
merupakan penelitian dengan analisis konten kualitatif, dengan menggunakan
pendekatan evaluatif dan metode deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk
mendeskripsikan perbandingan antara dua kelompok yakni buku teks BSE dan
non BSE berdasarkan instrumen Science Textbook Rating System (STRS) dengan
menggunakan uji statistik non parametric dengan uji chi kuadrat.Penelitian ini
diperoleh hasil bahwa buku BSE dan non-BSE IPA yang diteliti memiliki
kualitas sesuai dengan kriteria-kriteria yang diambil dari STRS yakni
kriteria isi dengan kategori ?sangat baik? sehingga kedua subjek layak digunakan
sebagai sumber pembelajaran.Hasil uji statistik menunjukkan bahwa tidak ada
perbedaan signifikan antara kualitas BSE dan non-BSE berdasarkan penilaian
kriteria isi dalam STRS hal ini diperoleh dari hasil Uji Chi kuadrat (SPSS) untuk
kriteria isi diperoleh nilai 0,284 untuk nilai signifikansi 0,05 .Unsur yang menjadi
indikator perbedaan antara BSE dan non-BSE IPA kelas VII ditinjau berdasarkan
kriteria isi dari STRS telah dipaparkan pada pembahasan. Masing-masing buku
memiliki kriteria khusus di bagian tertentu
Kata Kunci : BSE, Non BSE, Science Textbook Rating System (STRS)