DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY TERINTEGRASI STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA DI SMPN KAWASAN INDUSTRI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Wiraraja
Author
Naniah, Qurratul
Subject
500 Natural Science and Mathematics 
Datestamp
2021-11-24 06:06:03 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa antara kelas ADI terintegrasi STEM dengan kelas konvensional; untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa antara kelas ekperimen dan kelas kontrol; untuk mengetahui peningkatan keterampilan komunikasi siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol; untuk mengetahui perbedaan keterampilan komunikasi siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol; untuk mengetahui hubungan antara postes keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi siswa pertemuan keempat di kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan model Quasi Experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dan observasi. Tes yang digunakan dalam penelitian ini digunakan untsuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa. Tes keterampilan berpikir kritis terdiri dari pretes dan postes. Observasi digunakan untuk mengetahui keterampilan komunikasi siswa. Instrumen yang digunakan yakni tes dan lembar observasi. Hasil yang diperoleh yaitu terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis sebelum dan sesudah di kelas eksperimen dengan nilai signifikansi yang diperoleh yaitu 0,000; terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol yaitu 0,000; terdapat peningkatan keterampilan komunikasi siswa di kelas eksperimen dengan nilai signifikansi 0,000; terdapat perbedaan peningkatan keterampilan komunikasi siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol dengan nilai signifikansi yang diperoleh yaitu 0,000; terdapat hubungan antara keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi siswa dengan nilai signifikansi 0,000 dan nilai koefisien korelasi yaitu 0,489. Kata kunci: Model ADI, STEM, keterampilan berpikir kritis, keterampilan komunikasi 
Institution Info

Universitas Wiraraja