Abstract :
Berpikir tingkat tinggi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan
Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving,
Creativity and Innovation (4C). Keterampilan 4C dirancang untuk mengikuti
perkembangan zaman di abad 21 menyesuaikan dengan revisi kurikulum. Revisi
dalam kurikulum 2013 difokuskan untuk standar isi dan standar penilaian. Tujuan
dari penelitian ini yaitu mengetahui tingkat validitas instrumen, peningkatan 4C
dan respon siswa dan guru di MTs Nurul Huda Kecamatan Rubaru. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian Research and Development model pengembangan
Dick And Carry.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan
sebagai berikut: Hasil uji coba yang diperoleh untuk mengetahui tingkat validitas
instrumen HOTS dalam pembelajaran IPA menunjukkan rata-rata skor total CVR
dan CVI ? 1 (layak), peningkatan keterampilan 4C a) keterampilan komunikasi
mengalami peningkatan mencapai 51,79% b) keterampilan kolaborasi 51,79% c)
keterampilan berpikir kritis 67,86%. d) keterampilan berpikir kreatif 54,46%
dengan kriteria terdapat peningkatan yang cukup signifikan, respon positif siswa
adalah 67,5% respon guru dengan rata-rata 87,5% dengan kategori sangat
tercapai.
Kata kunci: Penilaian HOTS, Keterampilan 4C, Abad 21