Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media Kelas Virtual
menggunakan Google Classroom dengan Pendekatan Kontekstual untuk Siswa
Pesisir yang layak digunakan siswa kelas IX dan untuk mengetahui respon guru
terhadap media Kelas Virtual menggunakan Google Classroom dengan Pendekatan
Kontekstual
yang
dikembangkan.
Penelitian
ini
merupakan
penelitian
pengembangan dengan menggunakan model
ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, Evaluation). Penilaian yang digunakan pada
penelitian ini berupa angket validasi materi Kelas Virtual menggunakan Google
Classroom, angket validasi media Kelas Virtual menggunakan Google Classroom,
dan angket respon siswa dan guru terhadap Kelas Virtual menggunakan Google
Classroom yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kelas
Virtual menggunakan Google Classroom dengan Pendekatan Kontekstual telah
valid atau dapat diujicobakan kepada siswa kelas IX, Kelas Virtual menggunakan
Google Classroom dengan Pendekatan Kontekstual mendapat respon yang positif
dari siswa dan guru IPA dengan memperoleh kategori sangat baik.
Kata Kunci: Kelas Virtual, Google Classroom, Pendekatan Kontekstual.