Abstract :
Penelitian ini mengembangkan petunjuk praktikum yang berbasiskan
masalah terhadap literasi sains siswa SMP kelas VIII. Penelitian ini merupakan
penelitian dan pengembangan atau R&D dengan model pengembangan 4-D (four
D) yang terdiri dari define, desaign, develop, disseminate oleh Thiagarajan. Data
diambil dari hasil observasi dalam mengetahui kevalidan dan respon guru
terhadap petunjuk praktikum berbasis masalah memuat kegiatan yang mendukung
literasi sains siswa SMP kelas VIII. Data validitas diperoleh dari hasil validasi
materi dan media. Data respon diperoleh dari penyebaran angket respon guru.
Hasil validasi bahwa petunjuk praktikum berbasis masalah terhadap literasi sains
siswa valid (layak) dengan rata-rata presentase skor sebesar 96,4% (sangat layak),
yang terdiri dari validasi materi dan validasi media. Maka dari itu petunjuk
praktikum yang dikembangkan layak untuk digunakan. Hasil angket respon guru
terhadap petunjuk praktikum berbasis masalah dari responden memperoleh rata-
rata presentase skor sebesar 97,9% (sangat baik) dan mendapat respon positif dari
para responden. Jadi petunjuk praktikum berbasis masalah terhadap literasi sains
siswa layak untuk digunakan.
Kata Kunci : Petunjuk Praktikum Berbasis Masalah, Literasi Sains