DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI MEDIA MIND MAP TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA KELAS VIII MTS AL-HUDA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Wiraraja
Author
Adzim, Hidayatul
Subject
500 Natural Science and Mathematics 
Datestamp
2021-11-24 07:14:33 
Abstract :
Implementasi media mind map dapat meingkatkan prestasi belajar dan kreativitas peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan prestasi belajar dan kreativitas peserta didik setelah diterapkan media Mind Map di MTs Al-Huda. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII dengan jumlah 14 siswa, terdiri dari 9 siswa laki- laki dan 5 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan soal pilihan ganda (pre-test & post-test). Data prestasi belajar peserta didik dianalisis menggunakan perhitungan gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Keterlaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan dengan rata-rata pada siklus I sebesar 74% dan siklus II sebesar 84% dengan kategori sangat baik. (2) Prestasi belajar peserta didik setelah diterapkannya media Mind Map terjadi peningkatan dibuktikan berdasarkan nilai gain score pada siklus I dengan nilai 84 degnan kategori tinggi dan II dengan nilai 93 dengan kategori tinggi. Ada perbedaaan prestasi belajar berdasarkan uji t berpasangan dengan nilai -2,179. (3) kreativitas peserta didik mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 56% dengan kriteria kurang kreatif sehingga dilanjutkan kesiklus II dengan memperoleh presentase sebesar 79% dengan kriteria kreatif Kata Kunci: Mind Map, Prestasi Belajar, Kreativitas 
Institution Info

Universitas Wiraraja