Abstract :
Implementasi media mind map dapat meingkatkan prestasi belajar dan kreativitas
peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran,
peningkatan prestasi belajar dan kreativitas peserta didik setelah diterapkan media Mind
Map di MTs Al-Huda. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII dengan jumlah 14 siswa, terdiri dari 9 siswa laki-
laki dan 5 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi
keterlaksanaan pembelajaran dan soal pilihan ganda (pre-test & post-test). Data prestasi
belajar peserta didik dianalisis menggunakan perhitungan gain score. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa (1) Keterlaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan dengan
rata-rata pada siklus I sebesar 74% dan siklus II sebesar 84% dengan kategori sangat baik.
(2) Prestasi belajar peserta didik setelah diterapkannya media Mind Map terjadi
peningkatan dibuktikan berdasarkan nilai gain score pada siklus I dengan nilai 84 degnan
kategori tinggi dan II dengan nilai 93 dengan kategori tinggi. Ada perbedaaan prestasi
belajar berdasarkan uji t berpasangan dengan nilai -2,179. (3) kreativitas peserta didik
mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 56% dengan kriteria kurang kreatif sehingga
dilanjutkan kesiklus II dengan memperoleh presentase sebesar 79% dengan kriteria kreatif
Kata Kunci: Mind Map, Prestasi Belajar, Kreativitas