Institusion
Universitas Wiraraja
Author
Syafitri, Nurul Qomariyah Lailatus
Subject
500 Natural Science and Mathematics
Datestamp
2021-11-24 07:34:51
Abstract :
Poor Self Concept adalah dengan cara membaca puisi. Penelitian ini
menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama dua siklus
dimana setiap siklusnya terdapat dua pertemuan. Dalam penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembacaan puisi dan untuk
mengetahui peningkatan percaya diri siswa melalui metode pembacaan
puisi bagi kelas IV SDN Patean II. Penelitian ini menggunakan beberapa
instrument
penelitian,
diantaranya:
RPP
(Rencana
Pelaksanaan
Pembelajaran), LKP (Lembar Kegiatan Penelitian), Rubrik penilaian
membaca puisi dan yang terakhir adalah angket siswa. Dari hasil
penelitian
yang
didapatkan
selama
dua
siklus
terbukti
bahwa
keterlaksanaan membaca puisi terlaksana dengan baik, hal ini dibuktikan
dengan LKP (Lembar Kegiatan Penelitian) dimana pada iklus pertama
memperoleh data sebesar 84% dan siklus ke II memperole data sebesar
89%. Hasil penelitian selanjutnya mengenai peningkatan percaya diri
siswa melalui metode pembacaan puisi terbukti bawa metode pembacaan
puisi dapat meningkatkan percaya diri siswa, hal ini dibuktikan dengan
rubrik penilaian membaca puisi dimana siklus pertama hasil membaca
puisi siswa memperoleh data sebesar 54% dan siklus ke II memperoleh
data sebesar 74%. Masalah Poor Self Concept dikatakan menurun ketika
pada saat anak membaca puisi lebih percaya diri, dapat mengeluarkan
pendapatnya, dapat membaca puisi dengan suara yang lantang, serta dapat
mengeluarkan ekspresi saat membaca puisi.
Kata Kunci: Pembacaan Puisi, Poor Self Concept.