DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI METODE PEMBACAAN PUISI DALAM MENGATASI MASALAH POOR SELF CONCEPT PADA SISWA KELAS IV DI SDN PATEAN II
Total View This Week0
Institusion
Universitas Wiraraja
Author
Syafitri, Nurul Qomariyah Lailatus
Subject
500 Natural Science and Mathematics 
Datestamp
2021-11-24 07:34:51 
Abstract :
Poor Self Concept adalah dengan cara membaca puisi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama dua siklus dimana setiap siklusnya terdapat dua pertemuan. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembacaan puisi dan untuk mengetahui peningkatan percaya diri siswa melalui metode pembacaan puisi bagi kelas IV SDN Patean II. Penelitian ini menggunakan beberapa instrument penelitian, diantaranya: RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), LKP (Lembar Kegiatan Penelitian), Rubrik penilaian membaca puisi dan yang terakhir adalah angket siswa. Dari hasil penelitian yang didapatkan selama dua siklus terbukti bahwa keterlaksanaan membaca puisi terlaksana dengan baik, hal ini dibuktikan dengan LKP (Lembar Kegiatan Penelitian) dimana pada iklus pertama memperoleh data sebesar 84% dan siklus ke II memperole data sebesar 89%. Hasil penelitian selanjutnya mengenai peningkatan percaya diri siswa melalui metode pembacaan puisi terbukti bawa metode pembacaan puisi dapat meningkatkan percaya diri siswa, hal ini dibuktikan dengan rubrik penilaian membaca puisi dimana siklus pertama hasil membaca puisi siswa memperoleh data sebesar 54% dan siklus ke II memperoleh data sebesar 74%. Masalah Poor Self Concept dikatakan menurun ketika pada saat anak membaca puisi lebih percaya diri, dapat mengeluarkan pendapatnya, dapat membaca puisi dengan suara yang lantang, serta dapat mengeluarkan ekspresi saat membaca puisi. Kata Kunci: Pembacaan Puisi, Poor Self Concept. 
Institution Info

Universitas Wiraraja