Institusion
Universitas Wiraraja
Author
MIftah, Mohammad Fadhilul
Subject
500 Natural Science and Mathematics
Datestamp
2021-11-24 07:39:08
Abstract :
Sosok laki-laki bertanggung jawab dan mempunyai peran, serta menjadi
tokoh yang dicontoh dalam keluarga adalah ayah. Ayah dalam keluarga berperan
terhadap hasil belajar afektif siswa. Peran yang dilakukan oleh ayah yaitu
bagaimana cara ayah memberikan kebutuhan afeksi, pengasuhan dan dukungan
finansial. Penelitian dilakukan pada MIN 2 Sumenep TahunAjaran 2018/2019
dikelas IVA dengan jumlah responden sebanyak (9 laki-lakidan 16 perempuan).
Alat ukur yang digunakan adalah dengan menyebarkan angket dan observasi.
Pengolahan data mengunakanan alisis regresi linear berganda dengan pendekatan
deskriftif kuanitatif. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui seperti apakah
peran ayah dalam keluarga siswa kelas IVA, untuk mengetahui adakah pengaruh
peran ayah dalam keluarga terhadap hasil belajar afektif siswa kelas IVA, dan untuk
mengetahui faktor peran ayah manakah yang paling dominan tehadap hasil belajar
afektif siswa kelas IVA di MIN 2 Sumenep tahun 2019. Hasil penelitian yang
didapatkan terdapat tiga indikator yang dilakukan sebagai peran ayah yaitu; (1)
memberikan kebututuhan afeksi sebesar 31,57%; (2) memberikan pengasuhan
29,85%; (3) memberikan dukungan finansial 27,31%. Sisanya 11,3% adalah
faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian. Hasil penelitian yang
didapatkan berpengaruh baik secara parsial maupun simultan dari variabel
kebutuhan afeksi, pengasuhan dan dukungan finansial sedangkan pengaruh peran
ayah yang paling dominan adalah peran ayah dalam memberikan kebutuhan afeksi.
Keberhasilan anak dalam belajar dengan mendapatkan hasil belajar afektif yang
baik ditentukan oleh seberapa besar ayah memberikan kebutuhan afeksi,
pengasuhan dan memberikan dukungan finansial, karena anak menginginkan
ayahnya memberikan perannya secara utuh untuk mendapatkan hasil yang baik.
Kata kunci:Peran Ayah, Hasil Belajar Afektif.