Abstract :
Penelitian tentang Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan Dengan
Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Ruang Arofah RSI Garam Kalianget, dilaksanakan pada
bulan Oktober 2018 sampai November 2018 di RSI Garam Kalianget. Tujuan penelitian
ini, adalah untuk mengindentifikasi hubungan kualitas pelayanan keperawatan
terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Islam Kalianget. Desain penelitian
ini menggunakan cross sectional dengan variabel yang diukur kualitas pelayanan
keperawatan, kepuasan pasien rawat inap dan Hubungan Kualitas Pelayanan
Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap.
Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar 83,50% pasien dan keluarga
memberikan nilai baik kualitas pelayanan, sebagian besar 77,20% pasien dan keluarga
menyatakan puas atas pelayanan keperawatan di Ruang Arofah RSI Garam Kalianget.
Analisa dengan uji statistik spearmen rho menunjukkan prevalensi p value < ? (0,000 <
0,005) yang artinya ada hubungan kualitas pelayanan keperawatan dengan kepuasan
pasien rawat inap di Ruang Arofah RSI Garam Kalianget, dengan H0 ditolak dan H1
diterima.
Kata Kunci : Kualitas pelayanan keperawatan, Kepuasan pasien rawat inap