Abstract :
Perkembangan sosial merupakan kemampuan berperilaku yang diperoleh
sesuai dengan tuntutan sosial di lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui analisis faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial anak
prasekolah di PAUD Kertawati Desa Kertasada.
Desain penelitian ini menggunakan observasional analitik, dengan
pendekatan Cross-Sectional. Jumlah populasi sebanyak 63 responden dan sampel
yang diambil adalah 55 responden dengan teknik simple random sampling. Variabel
dependent adalah perkembangan sosial anak, variabel independen yaitu pola asuh,
dukungan sosial, dan kebiasaan bermain gadget dengan teknik pengumpulan data
kuesioner. Analisa yang digunakan adalah uji chi-square.
Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden memberikan pola
asuh cukup 28 (50,9%), hampir setengah dari responden mendapatkan dukungan
sosial baik 22 (40,0%), kebiasaan bermain gadget antara sangat jarang dan sering
memiliki jumlah sama yaitu 21 (28,2%), sebagian besar tingkat perkembangan
sosial anak adalah tidak baik 34 (61,8%).
Berdasarkan uji statistik pola asuh didapatkan hasil p (0,03) yang berarti
ada pengaruh pola asuh dengan perkembangan sosial, dukungan sosial didapatkan
hasil p (0,000) yang berarti ada pengaruh dukungan sosial dengan perkembangan
sosial, dan kebiaaan bermain gadget didapatkan hasil p (0,007) yang berarti ada
pengaruh kebiaaan bermain gadget dengan perkembangan sosial.
Tidak hanya faktor internal namun, faktor eksternal pun dapat
mempengaruhi
perkembangan
sosial.
Oleh
sebab
itu
orangtua
harus
memperhatikan faktor-faktor eksternal yang dapat mempengaruhi perkembangan
sosial anaknya.
Kata Kunci: Anak, Faktor, Perkembangan sosial