Abstract :
Kepuasan pasien terjadi apabila apa yang menjadi kebutuhan, keinginan,
harapan pasien dapat terpenuhi, maka akan menimbulkan rasa puas terhadap apa
yang sudah dia terima dengan pelayanan rumah sakit.Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien BPJS tentang mutu pelayanan
keperawatan di RSUD Dr. H. Moh. Anwar Sumenep berdasarkan dimensi
relibility, assurance, tangibles, empathy dan responsivenees.
Desain penelitian yang digunakan adalah Deskriptif dengan mengunakan
rancang bangun survei pendapat umum. Populasi seluruh pasien rawat inap yang
menggunakan BPJS di RSUD Dr.H. Moh. Anwar Sumenep sebanyak 579 pasien
tahun 2019. Besar sampel yang diambil sebanyak 83 pasien dengan menggunakan
porposive sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner.
Hasil penelitian dari 83 responden menunjukkan : tingkat kepuasan pasien
BPJS pada dimensi reliabilty 67,5% kepuasan cukup. Tingkat kepuasan pasien
BPJS pada dimensi assurance 74,7% kepuasan cukup. Tingkat kepuasan pasien
BPJS pada dimensi tangibles 71,1% kepuasan cukup. Tingkat kepuasan pasien
BPJS pada dimensi empathy 69,9% kepuasan cukup. Tingkat kepuasan pasien BPJS
pada dimensi responsivenees74,7% kepuasan cukup.
Kepusan pasien BPJS sangat di pengaruhi oleh mutu pelayanan
keperawatan yang diterima pasien saat dirawat di RSUD Dr. H. Moh. Anwar
Sumenep. Perawat lebih bekerja maksimal lagi agar dapat memenuhi kebutuhan
dan keinginan pasien
Kata Kunci : Kepuasan pasien BPJS, Mutu Pelayanan Keperawatan