DETAIL DOCUMENT
GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS TENTANG MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DI RSUD Dr. H. MOH. ANWAR SUMENEP TAHUN 2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Wiraraja
Author
A'la, Nafis Abdul
Subject
610 Medicine & Health 
Datestamp
2021-11-29 04:47:08 
Abstract :
Kepuasan pasien terjadi apabila apa yang menjadi kebutuhan, keinginan, harapan pasien dapat terpenuhi, maka akan menimbulkan rasa puas terhadap apa yang sudah dia terima dengan pelayanan rumah sakit.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien BPJS tentang mutu pelayanan keperawatan di RSUD Dr. H. Moh. Anwar Sumenep berdasarkan dimensi relibility, assurance, tangibles, empathy dan responsivenees. Desain penelitian yang digunakan adalah Deskriptif dengan mengunakan rancang bangun survei pendapat umum. Populasi seluruh pasien rawat inap yang menggunakan BPJS di RSUD Dr.H. Moh. Anwar Sumenep sebanyak 579 pasien tahun 2019. Besar sampel yang diambil sebanyak 83 pasien dengan menggunakan porposive sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner. Hasil penelitian dari 83 responden menunjukkan : tingkat kepuasan pasien BPJS pada dimensi reliabilty 67,5% kepuasan cukup. Tingkat kepuasan pasien BPJS pada dimensi assurance 74,7% kepuasan cukup. Tingkat kepuasan pasien BPJS pada dimensi tangibles 71,1% kepuasan cukup. Tingkat kepuasan pasien BPJS pada dimensi empathy 69,9% kepuasan cukup. Tingkat kepuasan pasien BPJS pada dimensi responsivenees74,7% kepuasan cukup. Kepusan pasien BPJS sangat di pengaruhi oleh mutu pelayanan keperawatan yang diterima pasien saat dirawat di RSUD Dr. H. Moh. Anwar Sumenep. Perawat lebih bekerja maksimal lagi agar dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan pasien Kata Kunci : Kepuasan pasien BPJS, Mutu Pelayanan Keperawatan 
Institution Info

Universitas Wiraraja