DETAIL DOCUMENT
DETERMINASI KEPUTUSAN TRANSFER PRICING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2014 – 2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Wiraraja
Author
Rahayu, Puji
Subject
657 - Akuntansi 
Datestamp
2019-11-27 02:17:59 
Abstract :
Transfer pricing merupakan harga transfer atas harga jual barang, jasa dan harta tidak berwujud kepada anak perusahaan atau kepada pihak yang berelasi atau mempunyai hubungan istimewa yang berlokasi di berbagai negara. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pajak, tunneling incentive, exchange rate dan debt covenant terhadap keputusan perusahaan untuk melakukan transfer pricing selama periode 2014 sampai dengan 2018. Penelitian ini dilakukan terhadap perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 13 perusahaan yang menjadi sampel penelitian. Teknik pengujian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan eview 8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama pajak, tunneling incentive, exchange rate dan debt covenant tidak berpengaruh terhadap keputusan perusahaan untuk melakukan transfer pricing dilihat dari nilai probabilitasnya sebesar 0,440034 yang lebih besar dari tingkat signifikan 0,10. Secara parsial, variabel debt covenant berpengaruh terhadap keputusan perusahaan untuk melakukan transfer pricing dilihat dari nilai probabilitasnya sebesar 0,0775 yang lebih kecil dari tingkat signifikan 0,10. Sedangkan variabel pajak, tunneling incentive dan exchange rate tidak berpengaruh terhadap keputusan perusahaan untuk melakukan transfer pricing dilihat dari nilai probabilitasnya yang lebih besar dari tingkat signifikan 0,10, yaitu masing-masing sebesar 0,1920, 0,7750 dan 0,9291. Kata Kunci : Transfer Pricing, pajak, tunneling incentive, exchange rate, debt covenant. 

File :
Puji.pdf
Institution Info

Universitas Wiraraja