Abstract :
Strategi pemasaran merupakan suatu strategi untuk mengatur jalannya suatu usaha agar
mencapai tujuan perusahaan, dan kualitas pelayanan merupakan suatu aktivitas perusahaan yang
diterima konsumen berupa pelayanan yang baik dan bertujuan menciptakan loyalitas konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikan dari pengaruh strategi pemasaran dan kualitas
pelayanan terhadap kepuasan pelanggan serta untuk mengetahui variabel yang paling dominan
berpengaruh terhadap variabel kepuasan pelanggan secara simultan.
Penelitian ini dilakukan terhadap toko UD. Barokah dikecamatan Giligenting kabupaten
Sumenep. Metode Penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan metode insidental
sampling, Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner dan wawancara. Teknik analisis
data yang digunakan yaitu Uji Kualitas Data, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier
Berganda, Uji Hipotesis, dan Koefisien Determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama (simultan) strategi
pemasaran dan kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Sedangkan secara parsial kualiatas pelayanan lebih dominan berpengaruh terhadap kepuasan
pelanggan dibandingkan dengan strategi pemasaran.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pelanggan.