DETAIL DOCUMENT
Analisis Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Lalu Lintas di Ruas Jalan Gembong Tebasan Surabaya
Total View This Week0
Institusion
Universitas Wiraraja
Author
Suwandiyanto, Suwandiyanto
Subject
624 - Civil Engineering 
Datestamp
2023-09-13 03:00:26 
Abstract :
Salah satu permasalahan yang turut memperburuk kondisi lalu lintas di jalan Gembong Tebasan kota Surabaya adalah masalah hambatan samping. Dimana aktivitas masyarakat seperti pasar, pertokoan, rumah makan, aktivitas samping segmen jalan, kendaraan keluar masuk dari sisi jalan, pejalan kaki, dan kendaraan lambat. Tentu akan menyebabkan perubahan perilaku lalu lintas di ruas jalan tersebut. Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hambatan samping dan kinerja ruas jalan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan data survei lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder. Untuk mengetahui volume kendaraan, hambatan samping dan waktu tempuh dengan cara menghitung setiap hari penilitian yaitu pukul 06.00-18.00 dari arah Barat dan Timur. Dengan jenis kendaraan berat, kendaraan ringan sepada motor dan menggunakan interval waktu yaitu 1 jam yang dilakukan sepanjang 200 meter/jam. Berdasarkan hasil pengamatan langsung di lapangan dan juga analisis perhitungan maka di dapat kapasitas jalan sebesar 7569 smp/jam per arah dan 15138 smp/jam dua arah, sedangkan untuk volume kendaraan sebasar 1150,6 smp/jam untuk arah Timur dan untuk arah Barat yaitu 1137,8 smp/jam. Sehingga untuk jalan tersebut menghasilkan derajat kejenuhan sebesar 0,15 untuk arah Barat dan Timur dan termasuk tingkat layanan (A). Pada ruas tersebut juga memiliki hambatan samping yaitu sebesar 764,5 bobot kejadian dan temasuk dalam kelas hambatan samping (H). Dengan kecepatan arus bebas 25,26 km/jam. Keempat faktor hambatan samping yaitu pejalan kaki, kendaraan parkir, kendaraan keluar masuk, dan kendaraan lambat berdasarkan uji analisis tidak berpengaruh terhadap kenerja lalu lintas di ruas jalan tersebut. Kata kunci : hambatan samping, volume kendaraan, waktu tempuh 
Institution Info

Universitas Wiraraja