Abstract :
Penelitian ini dilakukan untuk mengungkapkan permasalahan dalam
penerapan gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru
dan disiplin kerja di Tk Negeri Pembina Sumenep. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui inti permasalahan yaitu, bagaimana gaya kepemimpinan kepala
sekolah untuk meningkatkan kinerja guru dan disiplin kerja.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, Objek dalam
penelitian ini merupakan Tk Negeri Pembina Sumenep, dengan Tekhnik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui proses wawancara,
observasi, dan dokumentasi, serta fokus penelitian adalah dengan kepala sekolah,
guru, dan juga wali murid di Tk Negeri Pembina Sumenep.
Hasil dari penelitian ini berkaitan dengan gaya kepemimpinan yang
menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan yang diterapkan adalah gaya
kepemimpinan demokratis-otokratis yaitu dimana pemimpin mampu
melaksanakan tugas dan tuntas. Dan mempunyai sikap tegas, ramah dan juga
bermusyawarah dalam mengambil keputusan, tapi kadang juga dalam mengambil
keputusan secara mutlak tanpa meminta masukan kepada bawahannya.Gaya
kepemimpinan demokratis-otokratis ini mampu meningkatkan kinerja guru dan
disiplin kerja, tapi juga jarang membuka komunikasi dengan bawahannya
sehingga ada kesan hubungan yang jauh dan kaku.
Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan, Kinerja, Disiplin Kerja, Kepala Sekolah