Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus.
Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dan
faktor penyebabnya pada materi pencemaran lingkungan kelas VII-1 secara online
di SMPN 1 Batang-Batang selama pandemi covid 19. Sumber data dalam
penelitian terdiri dari jenis data primer dan jenis data sekunder. Sumber data
primer merupakan data yang diperoleh oleh penliti secara langsung seperti
kuesioner, data hasil wawancara, dan observasi. Sedangkan sumber data sekunder
merupakan data yang diperoleh dari sumber yang sudah ada. Hasil penelitian
siswa yang tidak senang belajar materi pencemaran lingkungan yang disampaikan
secara online dengan presentase 78,6% hal ini disebabkan perubahan
pembelajaran yang dilakukan secara online, dan sebanyak 82,2% siswa juga tidak
menyukai materi pencemaran lingkungan yang disampaikan secara online, karena
pada saat pembelajaran online guru tidak memberikan penjelasan yang rinci,
motivasi serta tidak ada kegiatan praktikum yang biasa dilakukan pada saat materi
pencemaran lingkungan yang dilaksanakan di sekolah, hanya saja guru
memberikan tugas setiap materi pencemaran lingkungan secara online dimulai.
Kata Kunci: Kesulitan belajar, belajar online, Covid-19.