Abstract :
Perkembangan bank syariah di indonesia scara umum cukup
menggembirakan, ini diandai dengan semakin dikenalnya bank syariah secara
nasonal, termasuk Bank BPRS yang saat ini beroprasi di kepulauan Kangean
Khususnya Kecamatan Arjasa. Jadi tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk
mengatahui Analisis persepsi masyarakat terhadap Bank BPRS Bhakti Sumekar
Cabang Arjasa, penulis menggunakan jenis penelitian lapangan dengan
menggunkan deskriptif kualitatif, diperoleh berupa kata-kata dari hasil
wawancara, kemudian hasil tersebut diuraikan, dianalisis untuk menjawab
permasalahan.
Dari analisis yang penulis paparkan bahwa, dari pihak Bank BPRS Bhakti
Sumekar telah berupaya untuk menyediakan produk, fasilitas, dan pelayanan
terbaiknya untuk masyarakat Kangean namun ada beberapa yang masih tidak
dimengerti oleh masyarakat tentang produk dan fasilitas dari Bank BPRS tersebut
dikareakan kurangnya pengetahuan masyarakat tentang Bank Syariah yang dalam
hal ini Bank BPRS, hal itu disebabkan karena masih kurangnya pengenalan dari
bank BPRS terhadap masyarakat awam seperti Ibu-ibu.
Masyarakat sudah mengetahui dan bahkan mengerti dengan produk Bank
BPRS dan persepsinya kepada Bank BPRS juga sudah baik meskipun Bnak BPRS
masih dibilang Bank yang tergolong baru diKangean khususnya di kecamatan
Arjasa dan juga merupakan Bank syariah satu-satu nya disana Bank BPRS ini
sudah mendapatkan respon yang baik di mata masyarakat kangean, terkecuali
pada orang yang sama sekali tidak mengetahui sama sekali tentang Bank BPRS.
Kata kunci: Persepsi Masyarakat, Bank BPRS, Bank Syariah