Abstract :
Potensi pertanian dan perkebunan adalah sumber daya alam yang dimiliki
oleh Indonesia, kopi merupakan hasil perkebunan yang ada di Indonesia. Jumlah
permintaan produk kopi cukup banyak dipasar khususnya daerah Kabupaten
Sumenep, permintaan terhadap produk kopi dipengaruhi dengan selera konsumen
terhadap produk kopi. Selera konsumen memiliki persepsi yang berbeda-beda,
Tabularasa merupakan salah satu cafe yang menjual produk minuman kopi di
kabupaten sumenep.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi konsumen
terhadap minuman kopi tubruk tabularasa, tubruk single original, dan v60 di
Tabularasa Kabupaten Sumenep. Penentuan lokasi dilakukan dengan sengaja
?purposive sampling? di Tabularasa Kabupaten Sumenep, dengan pertimbangan
Tabularasa merupakan cafe yang menjual produk minuman kopi berbagai jenis
dengan kualitas terbaik. Teknik pengambilan sampel: ?Accidental Sampling?,
metode analisis yang digunakan deskriptif dengan perhitungan skala likert.
Hasil analisis menunjukkan bahwa persepsi konsumen kopi tubruk
tabularasa total skor 411 persentase 82,2% kategori sangat suka, kopi tubruk
single original total skor persentase 70,6% kategori suka, dan v60 total skor 264
persentase 53% kategori netral.
Kata Kunci: Persepsi, Konsumen, Minuman Kopi.