Abstract :
Kinerja suatu birokrasi publik merupakan suatu isu yang sangat aktual
yang terjadi pada masa sekarang ini. Masyarakat masih memandang kinerja dari
birokrasi publik pada saat ini belum bisa memberikan rasa kepuasan yang tinggi,
sehingga menyebabkan penyelenggaraan pemerintahan menjadi sorotan yang
tajam, terutama dalam aspek transparansi, akuntabilitas, efisiensi dan efektifitas.
Hal tersebut disebabkan masyarakat mulai kritis dalam memonitor dan
mengevaluasi manfaat serta nilai yang diperoleh atas pelayanan dari instansi
pemerintah.
Tujuan dalam Penelitian ini yaitu untuk mengetahui Kinerja Aparatur Sipil
Negara dalam Pelayanan Administratif E-Ktp di Kantor Kecamatan Bluto
Kabupaten Sumenep. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian
deskriptif dengan menggunakan analisa kualitatif yang menggambarkan
kenyataan yang penulis teliti.
Hasil penelitian Secara umum kinerja aparatur Sipil Negara dalam
Pelayanan Administratif E-KTP di Kecamatan Bluto dapat dikatakan kurang baik,
karena masih terdapat permasalahan yang dihadapi yaitu terbatasnya pegawai dan
minimnya kemampuan di bidang tekhnologi sehingga menghambat proses
pelayanan. Hal ini terlihat juga dari angka pencapaian target penyelesaian e-KTP
sampai dengan akhir tahun 2019 yaitu 3,635 atau 22%. Dari segi perilaku Kinerja
di Kecamatan Bluto kurang baik saat melaksanakan pekerjaan diantaranya: Sikap
yaitu saat proses pelayanan e-KTP berlangsung pegawai tidak ramah dan jarang
sekali memberikan senyuman kepada pengguna layanan. Disiplin kerja,
kedisiplinan pegawai saat pelayanan berlangsung sangat kurang terbukti seringnya
pegawai bicara lain diluar layanan e-KTP dengan pegawai lain. Sedangkan
Atribut dan kompetensi di Kecamatan Bluto Kecamatan sudah menerapkan
dimensi ini. Terbukti pegawai layanan bekerja dengan cepat dan tepat dengan
kemampan yang dimiliki sehingga pelayanan e-KTP tepat waktu serta memiliki
komitmet agar pelayanan di Kecamatan Bluto lebih maju.
Kata Kunci : Kinerja Aparatur Sipil Negara, Pelayanan E-KTP