Abstract :
Pendidikan merupakan sesuatu yang sangat vital bagi kehidupan manusia sebagai
sumber ilmu pengetahuan. Namun pada realitanya masih banyak masyarakat
khususnya anak ? anak yang tidak mau mengasah kemampuannya dan tidak mau
menambah pengetahuannya dengan pendidikan yang tinggi. Seperti halnya anak ?
anak di Desa Lobuk Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep. Mayoritas anak ? anak
yang ada di Desa Lobuk tidak memiliki pendidikan yang tinggi. Tingkat pendidikan
rendah ini karena pola pikir (mindset) mereka yang beranggapan bahwa mencari
rezeki lebih baik menguntungkan dari pada pendidikan. Hal ini lah yang mendorong
adanya penelitian yang bertujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisa
tentang dampak pendidikan anak nelayan dalam meningkatkan inovasi dan
pertumbuhan ekonomi di Desa Lobuk Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep.
Penelitian ini dilakukan terhadap Desa Lobuk dalam pendidikan anak nelayan
dalam meningkatkan inovasi dan pertumbuhan ekonomi dengan menggunakan
metode Kualitatif Deskriptif.
Berdasarkan Hasil penelitian yang telah peneliti analisa yaitu : pertama, pendidikan
berdampak positif bagi anak nelayan yang sarjana dan dapat meningkatkan inovasi
dan pertimbuhan ekonomi; kedua, masih kentalnya pola pikir yang mengatakan
?bekerja lebih menguntungkan dari pada pendidikan?; ketiga, dengan pola pikir
yang buruk mempengaruhi terhadap rendahnya tingkat pendidikan di Desa Lobuk;
dan keempat, upaya Kepala Desa dan tokoh masyarakat dalam mengubah pola pikir
(mindset) masyarakat Desa Lobuk dalam memang positif pendidikan.
Kata Kunci : Pendidikan, Inovasi, Pertumbuhkan Ekonomi dan Anak Nelayan