Abstract :
Peranan industry kecil terhadap produk dalam pemasaran mencangkup
kegiatan produktif yang di lakukan oleh lembaga - lembaga pemasaran yang ada
dalam system pemasaran produk tersebut. Peningkatan yang cukup pesat dalam
pemasaran produk dapat dirasakan pada perkembangan dunia usaha saat ini.
Terjadinya peningkatan tersebut disebabkan oleh kebutuhan manusia yang
semakin banyak atau kompleks. Buah sukun termasuk salah satu tanaman yang
tumbuh subur di daerah tropis, ketersediaan buah sukun yang melimpah di
berbagai penjuru daerah, menjadikan buah sukun sebagai salah satu bahan pangan
yang memiliki nilai jual cukup tinggi .
Penelitian ini menggunakan metode purpossive yang dilakukan dengan
snowball sampling pada penentuan sampel, dimana sumber data yang digunakan
pada penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan sumber data primer berupa
melakukan penelitian secara langsung dengan metode wawancara dengan pelaku
usaha juga dengan sumber data sekunder berupa studi literatur baik berupa
pustaka buku maupun jurnal yang telah di dapat oleh peneliti.
Dari hasil analisis pemasaran keripik sukun produksi ? Bu Fathor ? Desa
Gedungan Kecamatan Batuan Kabupaten Sumenep yang dilakukan dapat
disimpulkan bahwa share biaya menunjukkan saluran pemasaran yang paling
banyak mendapatkan untung, karena jika share biaya pemasaran tinggi akan
mendapatkat keuntungan yang sangat rendah dimana pada saluran pertama yang
dilakukan dalam share biaya tidak ada, baru pada saluran kedua baru terjadi
adanyanya share biaya sebesar 10%, saluran ketiga juga terjadi share biaya di
pedagang sebesar 40%, dan terjadi lagi share biaya pada pengecer sebesar 10%.
Sedangkan share keuntungan setiap saluran pada pemasaran keripik sukun ? Bu
Fathor ? pada saluran pemasaran pertama tidak ada share keuntungan, pada
saluran pemasaran kedua mendapatkan hasil share keuntungan sebesar 90% pada
pengecer, juga pada saluran ketiga diperoleh share keuntungan pada pedagang
sebesar 60% dan pada tingkat pengecer diperoleh share keuntungan sebesar
75%.(238) Dalam efisiensi pemasarannya sendiri yang paling efisien ada pada
saluran kedua dimana persentasenya mencapai 80% dan saluran ketiga
persentasenya sebesar 75% dimana bisa ditarik kesimpulan semakin panjang
rantai pemasaran yang dilakukan, maka semakin tidak efisien dalam
pemasarannya.
Kata Kunci : Industry, Keripik, Pemasaran