Abstract :
Pertumbuhan dan perkembangan home industry yang semakin pesat,
menandakan bahwa majunya perekonomian di Indonesia. Kabupaten Sumenep
juga tidak lepas dari pesatnya pertumbuhan dan perkembangan home industry.
Banyaknya home industry yang menawarkan produk yang sejenis, menimbulkan
persaingan usaha yang semakin ketat. Hal tersebut menjadi pertimbangan
konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian suatu produk.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh bauran
pemasaran produk, harga, promosi, tempat secara simultan terhadap keputusan
pembelian konsumen keripik pisang di UD. Amalia. (2) Untuk mengetahui
pengaruh bauran pemasaran produk, harga, promosi, tempat secara parsial
terhadap keputusan pembelian konsumen keripik pisang di UD. Amalia.
Penentuan daerah penelitian dilakukan secara sengaja di toko camilan madura
kharisma yuswar dan vila mas camilan dengan pertimbangan bahwa kedua toko
tersebut merupakan toko dengan konsumen paling ramai. Metode pengambilan
sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Alat analisis yang digunakan
adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran yang terdiri atas
produk, harga, promosi dan tempat secara simultan berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian konsumen keripik pisang UD. Amalia, dengan
besaran pengaruh yang diberikan adalah 57,5%. Sedangkan secara parsial variabel
produk, harga, dan tempat berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Nilai signifikansi variabel promosi sebesar 0,173 lebih besar dari 0,05 (? = 5%),
sehingga variabel promosi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian.
Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian, Keripik Pisang