Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kualitas pelayanan
pemerintahan desa melalui penerapan e-governance di Desa Manding Daya
Kabupaten Sumenep, teori yang digunakan dari Goetsch dan Davis. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif dalam menentukan fokus proposal berdasarkan
tingkat kebaruan informasi yang akan diperoleh dari situasi sosial (di lapangan).
Berdasarkan hasil penelitian yang berdasarkan hasil wawancara yang pertama
adalah seperangkat ruang keluarga, komputer, printer, website, blog village,
aplikasi dan wifi yang sudah menjadi kelengkapan atau fasilitas, kedua
kehandalan dari petugas sudah memiliki kemampuan yang cukup baik terutama
dalam melayani masyarakat, handal dalam menggunakan alat bantu, respon ketiga
selama ini jika ada masyarakat yang mengalami kesulitan apalagi jika
membutuhkan pelayanan berbasis petugas, sangat tanggap dan sangat baik dalam
memberikan bantuan terkait pelayanan di desa Manding Daya, empat Jaminan
Layanan berbasis online diberikan di kantor balai desa Manding Daya. jaminan
tidak ada pungutan liar (PUNGLI) atau tidak ada jaminan pungutan, lima petugas
empati dalam melayani sangat ramah, murah senyum, santun, tidak diskriminatif.
Kata kunci: Kualitas Layanan dan E-Governance.