DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN PRODUK DAN STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN BATIK TULIS KHARISMA DI KABUPATEN SUMENEP
Total View This Week0
Institusion
Universitas Wiraraja
Author
Jannah, Dheau Nurul
Subject
650 Management & Public Relations 
Datestamp
2022-12-12 03:47:34 
Abstract :
Desa Pakandangan Barat, merupakan sentra pengrajin batik di Sumenep, dan sudah terkenal sebagai sentra produksi batik tulis sejak zaman Belanda. Batik Tulis Kharisma merupakan usaha rumahan dan sudah berdiri sejak tahun 1960-an, dan merupakan usaha warisan dari pendiri pertama Batik Tulis Kharisma yaitu Muhammad Asy?ari. Agar supaya Batik Tulis Kharisma tidak tersingkir dari usaha yang digelutinya maka, Batik Tulis Kharisma terus merencanakan dan melaksanakan strategi untuk dapat terus bertahan dalam persaingan usaha batik zaman masa kini, yang bahkan saat ini semakin ketat. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan penentuan informan dilakukan dengan cara metode Purposive Sample. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis SWOT, dimana matrik ini disusun berdasarkan analisis internal (kekuatan dan kelemahan) dan analisis eksternal (peluang dan ancaman) Batik Tulis Kharisma. Hasil penelitian ini adalah peneliti dapat mengetahui bahwa Batik Tulis Kharisma mengembangkan produknya dengan cara menambah jenis produk batik yang memiliki logo dua anak cukup yang konsumennya adalah pegawai KKBPK (Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga), yang mana penjualan batik ini dikhususkan kepada instansi KB (Keluarga Berencana). Sedangkan strategi pemasaran yang dilakukan oleh Batik Tulis Kharisma yaitu menggunakan sebagian variabel-variabel pemasaran seperti segmentasi pasar, target pasar, penetapan posisi pasar, serta bauran pemasaran. Tujuan dari pengembangan produk dan strategi pemasaran yang dilakukan oleh Batik Tulis Kharisma yaitu agar supaya Batik Tulis Kharisma mendapatkan kepuasan pelanggan. Kata Kunci : Pengembangan Produk, Strategi Pemasaran, dan Kepuasan Pelanggan. 
Institution Info

Universitas Wiraraja