Abstract :
Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya pengaruh sikap sains
terhadap keterampilan siswa abad 21, sikap sains terhadap tekhnologi, sikap
tekhnologi terhadap kemampuan siswa abad 21, sikap matematika terhadap
sikap sains, sikap matematika terhadap kemampuan abad 21 dan sikap
matematika terhadap sikap teknologi siswa pada pembelajaran IPA. Penelitian
dilaksanakan di SMPN 1 Kalianget, SMPN 2 Kalianget dan SMPN 5 Sumenep
dengan jenis penelitian kuantitatif. Subjek uji coba sebanyak 92 siswa yang
diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data
diperoleh berdasarkan demografi responden, evaluasi instrumen dan analisis
SEM. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu terdapat pengaruh sikap
matematika terhadap sikap sains dengan nilai P-Value 0,00, terdapat pengaruh
sikap sains terhadap keterampilan siswa abad 21 dengan nilai P-Value 0,00,
terdapat pengaruh sikap sains terhadap sikap teknik dengan nilai P-valeu 0,003,
tidak terdapat pengaruh antara sikap matematika terhadap kemampuan abad 21
siswa dengan nilai P-value 0,2 , terdapat pengaruh sikap matematika terhadap
sikap teknik dengan nilai P-value 0,009 dan terdapat pengaruh sikap teknik
terhadap kemampuan siswa abad 21 pada dengan nilai p-value 0,006.
Kata kunci: SEM, STEM, Pengaruh Sikap Siswa