Abstract :
Latar belakang: Kecerdasan emosional merupakan salah satu dimensi yang
dapat mempengaruhi perilaku caring yang menjadi dasar dalam pelayanan
keperawatan sehingga dapat mempengaruhi kualitas pelayanan perawatan. Tujuan:
untuk menguji dan melihat keberadaan hubungan kecerdasan emosional dengan
perilaku caring perawat secara empiris. Desain penelitian: Metode yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode study literatur review pada jurnal-
jurnal maupun artikel dengan kriteria cakupan sepuluh tahun terakhir dalam pada
wilayah internasional dan nasional. Data yang digunakan berdasarkan data yang
tersedia melalui indeks Scopus, PKP index, NASA, Copimicus Poland dan google
scholar dengan publisher Perpustakaan dan Universitas. Tinjauan metode: Pencarian
jurnal menggunakan kata kunci emotional intelligence dan perilaku caringperawat.
Hasil: Dari kedua belas jurnal yang digunakan dalam penelitian ini, didapatkan hasil
bahwa kecerdasan emosional memiliki hubungan yang signifikan terhadap perilaku
caring. Diskusi: hubungan yang terjadi antara kecerdasan emosional dan perilaku
caring yang signifikan terjadi dimana kecerdasan emosional merupakan salah satu
dimensi yang dapat mempengaruhi perilaku caring bukan hanya dari segi positif
namun segi negatif pun bergantung dari kecerdasan yang dimiliki. Temuan dari
penelitian ini memberikan bukti bahwa skor atau tingkat kecerdasan emosional
merupakan subskala yang penting bagi pembentukkan perilaku caring oleh perawat.
Kesimpulan: Temuan ini memerlukan penyelidikan yang lebih kompleks sehingga
nantinya kecerdasan emosional mampu menawarkan dasar dari kerangka kerja dalam
keterampilan khusus untuk meningkatkan kolaborasi dengan lingkungan perawatan di
rumah sakit.
Kata kunci: kecerdasan emosional, perawat, perilaku caring perawat, pelayanan
keperawatan