Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model PBL dengan
metode CRH berbantuan media crossword terhadap aktivitas dan hasil belajar
IPA SMP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan model
penelitian, yaitu quasi exsperiment. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah pengamatan dan tes, sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar
aktivitas belajar dan hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan
teknik analisis statistik, yaitu uji Mann-Whitney. Berdasarkan hasil analisis data
yang diperoleh menunjukkan bahwa untuk aktivitas belajar siswa di kelas selama
penerapan model PBL dengan metode CRH berbantuan media crossword cukup
baik, dan untuk hasil belajar siswa didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000,
yang artinya ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model PBL
dengan metode CRH berbantuan media crossword.
Kata kunci: Model PBL, Metode CRH, Media Crossword.