DETAIL DOCUMENT
EVALUASI PERKERASAN JALAN MENURUT METODE BINA MARGA DAN METODE PCI (PAVEMENT CONDITION INDEX) SERTA ALTERNATIF PENANGANANNYA (STUDI KASUS: RUAS JALAN DUNGKEK –ROMBEN BARAT (NO.260) KECAMATAN DUNGKEK KABUPATEN SUMENEP)
Total View This Week3
Institusion
Universitas Wiraraja
Author
HASANAH, ULFATUL
Subject
620 Engineering & Allied Operations 
Datestamp
2022-02-03 04:31:12 
Abstract :
Penelitian ini dilakukan pada ruas jalan Dungkek – Romben Barat (No.260) yang merupakan jalan kabupaten yang terdiri dari 2 lajur 2 arah dengan lebar perkerasan 4 meter. Penelitian ini bertujuan untuk mengavaluasi jenis kerusakan yang terjadi dan merencanakan jenis pemeliharaan yang dapat diterapkan sesuai dengan tingkat kerusakan yang diperoleh dengan metode Bina Marga dan PCI (Pavement Condition Index). Jumlah kerusakan yang terdapat di ruas jalan Dungkek – Romben Barat (No.260) sebanyak 11 jenis yaitu : retak kulit buaya, retak memanjang, retak melintang, retak pinggir, alur, keriting, lubang, tambalan, pengausan agregat, pelepasan butir, dan kegemukan. Hasil analisa penentuan kondisi jalan dengan dua metode diperoleh nilai prioritas sebesar 8,12 (>7) untuk metode Bina Marga dan nilai PCI sebesar 52,3 (fair). dari kedua hasil tersebut direncanakan tebal lapis tambah (overlay) dengan ketebalan 4 cm. Kata kunci : Perkerasan Jalan, Kerusakan Jalan, Metode Bina Marga, Metode PCI, Overlay 
Institution Info

Universitas Wiraraja