Abstract :
Penelitian ini dilakukan pada ruas jalan Dungkek – Romben Barat
(No.260) yang merupakan jalan kabupaten yang terdiri dari 2 lajur 2 arah dengan
lebar perkerasan 4 meter. Penelitian ini bertujuan untuk mengavaluasi jenis
kerusakan yang terjadi dan merencanakan jenis pemeliharaan yang dapat
diterapkan sesuai dengan tingkat kerusakan yang diperoleh dengan metode Bina
Marga dan PCI (Pavement Condition Index).
Jumlah kerusakan yang terdapat di ruas jalan Dungkek – Romben Barat
(No.260) sebanyak 11 jenis yaitu : retak kulit buaya, retak memanjang, retak
melintang, retak pinggir, alur, keriting, lubang, tambalan, pengausan agregat,
pelepasan butir, dan kegemukan. Hasil analisa penentuan kondisi jalan dengan
dua metode diperoleh nilai prioritas sebesar 8,12 (>7) untuk metode Bina Marga
dan nilai PCI sebesar 52,3 (fair). dari kedua hasil tersebut direncanakan tebal lapis
tambah (overlay) dengan ketebalan 4 cm.
Kata kunci : Perkerasan Jalan, Kerusakan Jalan, Metode Bina Marga,
Metode PCI, Overlay