Abstract :
Pendahuluan: Kualitas hidup merupakan persepsi individu tentang
keberadaannya di kehidupan dalam konteks budaya dan sistem nilai tempat ia
tinggal yang meliputi domain aktifitas fisik, psikologis, sosial dan lingkungan.
Strategi intervensi sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kesadaran dan
perawatan diri. Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh
supportive edukatif berbasis caring terhadap kualitas hidup penderita hipertensi .
Metode: Desain penelitian ini adalah quasy experimental. Populasi yaitu seluruh
penderita hipertensi sebanyak 60 orang dengan simple random sampling, jumlah
sampel sebanyak 60 orang terbagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok perlakuan
sebanyak 30 orang diberikan intervensi supportive edukatif berbasis caring dan
sebanyak 30 orang kelompok kontrol diberikan pamflet tentang penyakit
hipertensi. Hasil: penelitian berdasarkan uji Wilcoxon skor kualitas hidup pada
kelompok perlakuan setelah diberikan intervensi yaitu p=0.000.Hasil penelitian
ini menunjukkan intervensi supportive edukatif berbasis caring efektif
meningkatkan kualitas hidup penderita hipertensi, intervensi ini bisa menjadi
upaya promotif untuk meningkatkan perawatan mandiri pada penderita hipertensi.
Kesimpulan : Terdapat pengaruh supportive edukatif berbasis caring terhadap
kualitas hidup penderita hipertensi
Kata kunci: Kualitas Hidup, Hipertensi, Supportive Edukatif, Caring