DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Supportive Edukatif Berbasis Caring Terhadap Kualitas Hidup Penderita Hipertensi Di Wilayah Puskesmas Pragaan
Total View This Week0
Institusion
Universitas Wiraraja
Author
Syafitri, Pipit Putri
Subject
610 Medicine & Health 
Datestamp
2022-12-13 04:02:35 
Abstract :
Pendahuluan: Kualitas hidup merupakan persepsi individu tentang keberadaannya di kehidupan dalam konteks budaya dan sistem nilai tempat ia tinggal yang meliputi domain aktifitas fisik, psikologis, sosial dan lingkungan. Strategi intervensi sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kesadaran dan perawatan diri. Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh supportive edukatif berbasis caring terhadap kualitas hidup penderita hipertensi . Metode: Desain penelitian ini adalah quasy experimental. Populasi yaitu seluruh penderita hipertensi sebanyak 60 orang dengan simple random sampling, jumlah sampel sebanyak 60 orang terbagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok perlakuan sebanyak 30 orang diberikan intervensi supportive edukatif berbasis caring dan sebanyak 30 orang kelompok kontrol diberikan pamflet tentang penyakit hipertensi. Hasil: penelitian berdasarkan uji Wilcoxon skor kualitas hidup pada kelompok perlakuan setelah diberikan intervensi yaitu p=0.000.Hasil penelitian ini menunjukkan intervensi supportive edukatif berbasis caring efektif meningkatkan kualitas hidup penderita hipertensi, intervensi ini bisa menjadi upaya promotif untuk meningkatkan perawatan mandiri pada penderita hipertensi. Kesimpulan : Terdapat pengaruh supportive edukatif berbasis caring terhadap kualitas hidup penderita hipertensi Kata kunci: Kualitas Hidup, Hipertensi, Supportive Edukatif, Caring 
Institution Info

Universitas Wiraraja