Abstract :
Pendahuluan : Pelayanan yang bermutu merupakan salah satu faktor yang
penting dalam usaha menjaga kepercayaan pasien. Pemberi layanan kesehatan
harus memahami status kesehatan dan kebutuhan layanan kesehatan masyarakat
yang dilayaninya dalam menentukan bagaimana cara yang paling efektif
menyelenggarakan layanan yang bermutu. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hubungan kunjungan rawat jalan dengan mutu pelayanan keperawatan
pada era Univesal health coverage di UPT Puskesmas Bulangan Haji. Metode :
Penelitian ini menggunakan desain Crossectional, Populasi sebanyak 362 pasien
dengan Teknik Accidental Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 56 pasien
Hasil : Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar kunjungan rawat
jalan baik dan sebagian besar menyatakan mutu pelayanan di UPT Puskesmas
Bulangan Haji yang diberikan dengan kategori sangat puas. Berdasarkan hasil uji
Chi square didapatkan p value 0,004>0,05 artinya ada hubungan kunjugan rawat
jalan dengan mutu pelayanan keperawatan di UPT Puskesmas Bulangan Haji
Pembahasan: Mutu pelayanan keperawatan yang baik juga dapat meningkatkan
kunjungan rawat jalan karena pengguna layanan merasa dilayalani dengan baik
oleh ptugas serta pelayanan yang sesuai dengan Standar Operasional Prosedur
(SOP) sehingga meminimalkan kesalahan dalam praktik ? praktik pelayanan
keperawatan maupun praktik pelayanan yang lainnya. Kesimpulan: Mutu
pelayanan keperawatan yang baik akan mempengaruhi jumlah peningkatan
kunjungan rawat jalan
Kata Kunci: kunjungan rawat jalan, mutu pelayanan keperawatan, Univesal
health coverage