Abstract :
Laba dimaknai sebagai imbalan atas upaya perusahaan menghasilkan
barang dan jasa. Perkembangan hotel di Kabupaten Sumenep meningkat dengan
pesat dan sangat beragam. Dari berbagai ragam yang dimiliki oleh hotel tersebut.
Ada satu yang menarik perhatian, yaitu kehadiran hotel syariah. Hotel Family Nur
merupakan salah satu hotel yang cukup terkenal di Kabupaten Sumenep dan
merupakan pelopor hotel berbasis syariah. Peneliti ingin mengulas tentang kualitas
pelayanan dan target occupancy guna meningkatkan laba Hotel Family Nur.
Dengan menerapkan kualitas pelayanan hotel peneliti akan mengetahui seberapa
besar peningkatan laba yang diperoleh perusahaan.
Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan
metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti
menggunakan teknik analisis data kualitatif, Data Reduction (Reduksi data), Data
Display (Penyajian Data), Verifikasi, Conclution Drawing. Dimana data didapat
dari informan pengunjung hotel dan karyawan hotel.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan
oleh Hotel Family Nur sudah bisa dikatakan baik walaupun masih terdapat
kekurangan yang harus dibenahi secara berkala untuk menunjang kualitas
pelayanan yang lebih maksimal. Dapat di lihat dari sumber daya manusia dan
karyawan Hotel Family Nur yang selalu memberikan kualitas pelayanan yang
maksimal kepada tamu hotel dengan fasilitas seadanya.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Occupancy, Laba Hotel, Hotel Family Nur.