Abstract :
Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah Apakah ada pengaruh
kinerja pegawai terhadap kepuasan pasien di UPT Puskesmas Pamolokan
Sumenep ?, sedangkan tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kinerja
pegawai terhadap kepuasan pasien di UPT Puskesmas Pamolokan Sumenep,
Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian menggunakan
regresi linier sederhana. Dalam hal ini, yang menjadi obyek penelitian
adalah Taman Adipura Sumenep, dengan populasi sebanyak 150 responden
dan sampel 75 responden. Sesuai dengan masalah tersebut, data yang
digunakan berupa kuesioner, observasi dan dokumentasi yang kemudian
dianalisis menjadi data yang dapat diterjemahkan dan dapat dimengerti.
Indikator yang digunakan penulis dalam menilai kinerja pegawai (X)
adalah a. kuantitas kerja, b. kualitas kerja, c. pemanfaatan waktu, d. kerja
sama, sedangkan untuk indikator kepuasan pasien (Y) adalah a. kualitas
jasa, b. kualitas pelayanan, c. biaya pelayanan, d. fasilitas pelayanan
Hasil penelitian dari regresi linier sederhana menunjukkan bahwa ada
Pengaruh kinerja pegawai terhadap kepuasan pasien menunjukkan
Y = 1,574 + 0,604 mempunyai tingkat pengaruh signifikan dengan posisi
sama sama positif, yang berarti H1 diterima.
Kesimpulan menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara kinerja
pegawai terhadap kepuasan pasien di UPT Puskesmas Pamolokan Sumenep.