Abstract :
Pada era reformasi ini, setiap lembaga atau oragnisasi baik pemerintah,
BUMN atau perusahaan, kian menyadari betapa faktor keberhasilan senantiasa
bertumpu pada masalah Sumber Daya Manusia (SDM), PDAM untuk
memenuhi kebutuhan masyarakat ternyata kurang sejalan dengan kenyataan
yang ada pada perilaku pelanggan dalam menyikapi kinerja PDAM
Permasalahan yang diteliti dalam skripsi ini adalah Bagaimanakah
Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Dalam Meningkatkan Kualitas
Pelayanan di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Sumenep,
sedangkan tujuan penelitian untuk mengetahui Pengembangan Sumber Daya
Manusia (SDM) Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Perusahaan
Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Sumenep, yang menjadi fokus
penelitian yaitu 1) Menambah pengetahuan, 2) Meningkatkan ketrampilan,
dan 3) Merubah sikap. Subjek penelitian ini informan kunci, utama dan
pendukung, teknik pengumpulan data interview, observasi dan dokumentasi,
dengan analisa data dengan pendekatan reduksi data dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan pengembangan sumber daya manusia
PDAM dalam meningkatkan kualitas pelayanan melalui pendidikan dan
pelatihan, dimana pengembangan SDM dapat memberikan manfaat bagi
karyawan, pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki dapat meningkatkan
kualitas pelayanan. Dalam pengembangan sumber daya manusia PDAM
dilakukan dengan menguikuti pendidikan dan pelatihan, pengembangan
pengetahuan melalui teknis profesionalisme serta pemberian kesempatan
berkarir, serta adanya perubahan sikap dan perilaku yang ramah dalam
menerima pelanggan dan menangani keluhan pelanggan.
Kesimpulan menunjukkan pengembangan sumber daya manusia
PDAM Kabupaten Sumenep dalam meningkatkan kualitas pelayanan
melalui pendidikan dan pelatihan, ketrampilan yang dimiliki karyawan dapat
meningkatkan kualitas pelayanan, serta adanya sikap dan perilaku ramah dari
karyawan dalam menerima pelanggan.
Kata Kunci : Sumber Daya Manusia dan Kualitas Pelayanan PDAM