Abstract :
Kesadaran akan perlunya menjaga lingkungan sangat penting untuk
meningkatkan image baik dan membangun kepercayaan masyarakat yang akan
berdampak positif terhadap kelangsungan perusahaan secara terus menerus (going
concern). Perusahaan dituntut untuk dapat melaksanakan kegiatan tanggung
jawab sosialnya secara langsung kepada lingkungan sekitar. Dalam praktiknya
belum banyak perusahaan yang mengungkapkan pertanggungjawaban sosial.
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis apakah ukuran perusahaan, umur
perusahaan, ukuran dewan komisaris, profitabilitas dan leverage berpengaruh
terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan.
Populasi penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI
tahun 2014-2016 sebanyak 42 perusahaan perbankan dengan sampel 13
perusahaan selama 3 periode sehingga didapat sampel sejumlah 39 yang diambil
melalui teknik purposive sampling. Data yang digunakan berupa data sekunder
yang diambil dengan teknik dokumentasi. Metode pengungkapan dengan
pengamatan ada tidaknya item informasi yang ditentukan dengan menggunakan
standar GRI G4. Metode pengujian penelitian ini melalui analisis regresi berganda
dengan bantuan program SPSS 20.0.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial umur
perusahaan dan ukuran dewan komisaris berpengaruh terhadap pengungkapan
tanggung jawab sosial perusahaan, sedangkan size perusahaan, profitabilitas dan
leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab
sosial perusahaan. Namun secara simultan size perusahaan, umur perusahaan,
ukuran dewan komisaris, profitabilitas dan leverage tidak berpengaruh terhadap
pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan.
Karta kunci : CSR, Size Perusahaan, Umur Perusahaan, Ukuran Dewan
Komisaris, Profitabilitas, Leverage.