Abstract :
Kesehatan yang merupakan bagian integral pada kegiatan
pelayanan publik. Dalam rangka memberikan pelayanan tersebut haruslah
memiliki standar kinerja tersendiri, mengingat kinerja karyawan sangat
berpengaruh erat terhadap organisasi dan pelayanan yang mereka berikan
terhadap publik.Dalam faktanya pemberian pelayanan kesehatan di UPT
Puskesmas Talango, sebagaimana pra penelitian, di objek penelitian masih
belum menunjukkan adanya kinerja yang profesional dalam pelayanannya
termasuk dalam pemberian tindakan yang kurang tepat
Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah Bagaimanakah
peningkatan kinerja pegawai dalam rangka mewujudkan kualitas pelayanan di
UPT. Puskesmas Talango Kecamatan Talango Kabupaten Sumenep,
sedangkan tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kinerja pegawai
dalam rangka mewujudkan kualitas pelayanan di UPT. Puskesmas Talango
Kecamatan Talango Kabupaten Sumenep, yang menjadi fokus penelitian
yaitu 1) Kedisiplinan, 2) Kreativitas, 3). Bekerja sama, dan 4) Tanggungjawab,
Subjek penelitian ini informan kunci, utama dan pendukung, teknik
pengumpulan data interview, observasi dan dokumentasi, dengan analisa data
dengan pendekatan reduksi data dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan Kinerja karyawan, dengan memberikan
kedisiplinan jam kerja serta memberikan tindakan pelayanan dengan tepat
waktu, serta kreativitas dalam melakukan tindakan maupun tanggungjawab
pegawai sangat tinggi sampai pada pemulihan kesehatan termasuk juga
kerja sama antar pegawai maupun kerja sama pasien dan keluarga
sehingga memberikan kepuasan kepada pasien.
Kesimpulan menunjukkan kinerja karyawan UPT Puskesmas Talango
dengan berdisiplin tinggi dan kreativitas yang tepat dalam bertindak maupun
tanggungjawab atas pelayanannyam serta kerja sama antar pegawai dan
pasien, sehingga pasien merasa puas atas pelayanan yang diberikan.