DETAIL DOCUMENT
Pengukuran kinerja PT. Pos Indonesia (Persero) Pamekasan melalui perspektif Balanced scorecard
Total View This Week0
Institusion
Universitas Wiraraja
Author
Fauzi, Fauzi
Subject
657 - Akuntansi 
Datestamp
2022-11-18 07:42:35 
Abstract :
Balanced Scorecard merupakan suatu metode pengukuran kinerja yang yang mengukur secara seimbang, tidak hanya mengukur dari sisi keuangan tetapi juga dari sisi non keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja dengan menggunakan metode Balanced Scorecard, melalui empat perspektif yaitu: keuangan, pelanggan, bisnis internal dan pertumbuhan dan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan pada pada PT. Pos Indonesia (Persero) Pamekasan, Pengumpulan data dilakukan melalui metode kualitatif dan kuantitatif. Kualitatif yaitu dengan penyebaran kusioner pada pelanggan dan karyawan dan kuantitatif yaitu dengan menggunakan rasio-rasio dari empat perspektif Balanced Scorecard. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja dari masing-masing perspektif yaitu (1) perspektif keuangan secara keseluruhan dinilai baik karena secara umum rasio-rasio keuangan mengalami peningkatan dari dari tahun ketahun, (2) perspektif pelanggan umumnya merasa puas atas layanan yang diberikan oleh perusahaan dengan indeks yang dicapai dari hasil penyebaran kusioner dikategorikan sangat puas, (3) perspektif bisnis internal disimpulkan kurang baik yang ditunjukkan dengan terus meningkatnya beban klaim yang berikan kepada pelanggan, (4) perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dari hasil penyebaran kuesioner umumnya karyawan merasa puas bekerja pada perusahaan tersebut. Kata kunci: Kinerja, Balanced Scorecard, perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. 
Institution Info

Universitas Wiraraja