Abstract :
Balanced Scorecard merupakan suatu metode pengukuran kinerja yang
yang mengukur secara seimbang, tidak hanya mengukur dari sisi keuangan tetapi
juga dari sisi non keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja
dengan menggunakan metode Balanced Scorecard, melalui empat perspektif
yaitu: keuangan, pelanggan, bisnis internal dan pertumbuhan dan pembelajaran.
Penelitian ini dilakukan pada pada PT. Pos Indonesia (Persero)
Pamekasan, Pengumpulan data dilakukan melalui metode kualitatif dan
kuantitatif. Kualitatif yaitu dengan penyebaran kusioner pada pelanggan dan
karyawan dan kuantitatif yaitu dengan menggunakan rasio-rasio dari empat
perspektif Balanced Scorecard.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja dari masing-masing
perspektif yaitu (1) perspektif keuangan secara keseluruhan dinilai baik karena
secara umum rasio-rasio keuangan mengalami peningkatan dari dari tahun
ketahun, (2) perspektif pelanggan umumnya merasa puas atas layanan yang
diberikan oleh perusahaan dengan indeks yang dicapai dari hasil penyebaran
kusioner dikategorikan sangat puas, (3) perspektif bisnis internal disimpulkan
kurang baik yang ditunjukkan dengan terus meningkatnya beban klaim yang
berikan kepada pelanggan, (4) perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dari
hasil penyebaran kuesioner umumnya karyawan merasa puas bekerja pada
perusahaan tersebut.
Kata kunci: Kinerja, Balanced Scorecard, perspektif keuangan, perspektif pelanggan,
perspektif proses bisnis internal, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran.